Selasa, 18 Juli 2017

Berikanlah penjelasan secara singkat mengenai enkripsi dan kriptograpy.

Enkripsi adalah sarana utama atas perlindungan aset informasi. Jika diterapkan dengan benar, enkripsi akan menggagalkan hampir setiap serangan singkat dari upaya yang disponsori secara nasional. Enkripsi dapat digunakan untuk melindungi aset informasi, apakah disimpan pada tape atau disk, atau saat transit pada link komunikasi.
Kriptografi adalah cara terkuat untuk mengamankan informasi elektronik terhadap pencurian atau kompromi. Namun, kriptografi dapat menjadi sekutu dan musuh dari amannya pertukaran informasi elektronik.
Enkripsi ini bisa dibilang aspek yang paling penting dari keamanan informasi. Ini adalah komponen utama dalam infrastruktur keamanan informasi secara keseluruhan dari setiap proses elektronik. Hampir semua pertukaran elektronik atas data yang signifikan atau yang penting menerapkan penggunaan beberapa bentuk enkripsi. Enkripsi sangat penting untuk pertukaran informasi yang berkaitan dengan masalah-masalah keamanan nasional, untuk transaksi keuangan elektronik dalam semua sistem perbankan besar, untuk perdagangan elektronik di kalangan pedagang dan konsumen, untuk pertukaran data elektronik (EDI) antara perusahaan dan pelanggan mereka, dan untuk keamanan sandi dan informasi rahasia lainnya yang berada di hampir semua sistem komputasi.
Kontrol kriptografi yang tepat dapat membantu menjamin kerahasiaan, integritas, keaslian, dan tanpa penolakan atas pesan elektronik yang dikirim atau diangkut antara atau di tengah berbagai sistem komputasi. Kebijakan, prosedur, keamanan fisik atas perangkat, kontrol keamanan logis, dan kriptografi semua memainkan peran penting dalam lingkungan keamanan sistem informasi (SI) secara keseluruhan. Tanpa kontrol kriptografi yang efektif, kontrol SI yang lain hanya mendukung infrastruktur yang lemah. Kontrol tanpa kriptografi jauh lebih rentan terhadap pengelakan karena bergantung pada pendidikan manusia dan kemampuan manusia dalam melakukannya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar