FORUM
9
Menurut pendapat anda, mengapa perusahaan melakukan
outsourcing?
Jawab:
Beberapa perusahaan memang
menggunakan jasa perusahaan outsourcing dikarenakan agar bisa lebih focus pada
tujuan perusahaan, atau bisa juga dikarenakan beberapa bidang pekerjaan
diperlukan oleh ahlinya, seperti tenaga analis, tenaga service dll. Selain itu
juga untuk menghemat biaya operasional dan mengefisiensikan pekerjaan yang
sifatya non core.
QUIZ 9
berikan pendapat anda apakah outsourching memberikan
kerugian bagi karyawan?
Kerugian outsourcing bagi karyawan:
1.
Keberlanjutan
mendapatkan pekerjaan yang tidak pasti
2.
Perusahaan
outsourcing hanya mampu menampung para pekerja yang mengikatkan diri pada
perusahaan outsourcing mereka, namun tidak serta merta mereka langsung dijadikan
pekerja tetap dari satu perusahaan. Penugasan mereka menunggu permintaan dari
perusahaan yang akan menerima mereka bekerja.
3.
Sistem ini
berimplikasi langsung kepada timbulnya karyawan kontrak bahkan dalam waktu yang
sangat singkat.
4.
Terampasnya hak-hak
buruh akibat hubungan perusahaan-buruh bukan hubungan langsung. Melainkan
adanya pihak ketiga (perusahaan penyedia/ vendor).
5.
Hilangnya hak jaminan
social dan tunjangan lainnya laiknya pegawai tetap pada sebuah perusahaan
padahal beban dan tanggung jawab kerja sama.
6.
Posisi tawar pekerja
atau buruh semakin lemah karena tidak ada kepastian kerja, kepastian upah,
jaminan sosial, jaminan kesehatan, pesangon jika di PHK, dan
tunjangan-tunjangan kesejahteraan lain.
7.
Buruh outsourcing
juga kehilangan kesempatan berserikat sebagai implikasi dari tidak memilikinya
posisi tawar dengan perusahaan tempat dia bekerja. Karena kontrak mereka adalah
dengan perusahaan penyedia bukan dengan tempat dia bekerja.
Namun selain itu outsourcing juga ada keuntungannya bagi karyawan, antara
lain sebagai berikut:
1.
Adanya alih daya
2.
Pekerja outsourcing
akan menggunakan seluruh kemampuanya dalam bekerja. Dengan adanya outsourcing
maka mereka akan mendapatkan suatu ketrampilan yang belum mereka miliki
sebelumnya dan jika telah memiliki kemampuan tersebut maka pekerja akan
menambah kemampuan mereka dengan bekerja di outsourcing. Pekerjaan tersebut
akan menjadi lebih bermanfaat jika pekerjanya mampu menerapkan ilmu yang mereka
dapat dari perusahaan penerima. Kemudian mereka mengembangkan ketrampilan
tersebut untuk menambah daya saing dalam meraih lapangan pekerjaan.
QUIZ
10
Mengapa
pelaku bisnis internasional perlu memperhatikan tingkat inflasi?
Inflasi merupakan faktor kekuatan eksternal yang
harus dihadapi oleh manajer keuangan dengan sebaik mungkin. Hampir semua
perusahaan kadang-kadang harus meminjam uang, dan tingkat inflasi menentukan
biaya riil dari pinjaman. Suku Bunga riil diperoleh dengan cara mengurangkan
inflasi dari suku bunga nominal. Ketika uang pinjaman dikembalikan di masa
depan setelah inflasi terjadi, maka uang tersebut dilainya lebih rendah bagi
pemberi pinjaman, dan tentu saja lebih murah bagi peminjam.
Tingkat inflasi
yang tinggi akan mempersulit perencanan pengeluaran modal. Misalnya
manajemen mungkin mengalokasikan AS $ 1 juta untuk sebuah pabrik, tetapi
ternyata mengeluarkan dana lebih banyak untuk menyelesaikan pembangunannya
karena pengaruh inflasi.
Tingkat inflasi mendorong dilakukannya pinjaman
(utang) sebab pinjaman tersebut akan dibayar kembali dengan uang lebih rendah
nilainya. Tetapi tingkat inflasi yang tinggi juga menimbulkan tingkat bunga
tinggi sehingga mungkin menghambat pemberian pinjaman. Para pemberi pinjaman
potensial mungkin khawatir bahwa walaupun dengan suku bunga yang tinggi, jumlah
yang dibayarkan kembali ditambah bunganya akan lebih rendah nilainya
dibandingkan dengan jumlah yang dipinjamkan. Sekalipun jika pemberi pinjaman
dapat memperoleh suku bunga sebesar 25 %, tetapi jika tingkat inflasinya adalah sebesar 100%, maka
pemberi pinjaman tersebut akan mengalami kerugian. Dibandingkan dengan
meminjamkan, pemilik uang lebih memilih membeli sesuatu yang diharapkan akan
meningkat nilainya sehingga justru mendorong inflasi.
Inflasi juga
mempengaruhi bisnis internasional,
dengan komplikasi bahwa tingkat inflasi berbeda di negara berbeda. Oleh karena
itu manajemen perusahaan internasional harus mencoba utnuk memprediksi tingkat
inflasi untuk setiap Negara di mana perusahaan itu berada. Tingkat inflasi
komparatif ketika mata uang dari Negara dengan tingkat inflasi tinggi
melemahkan mata uang dengan tingkat inflasi lebih rendah. Manajemen akan
mencoba untuk meminimalkan kepemilikan atas mata uang yang lebih lemah.
Tingkat inflasi yang lebih tinggi akan mengakibatkan
harga barang dan jasa yang dihasilkan atau ditawarkan oleh suatu Negara
meningkat, dengan demikian barang dan jasa tersebut menjadi kurang kompetitif.
Anak perusahaan yang ada di Negara tersebut akan kesulitan untuk menjual
produknya secara ekspor. Kondisi demikian cenderung mengakibatkan neraca
pembayaran menjadi defisit dan manajemen harus waspada terhadap perubahan dalam
kebijakan pemerintah yang berusaha memperbaiki keadaan tersebut. Perubahan itu meliputi kebijakan
fiskal atau moneter yang lebih ketat, pengendalian mata uang, insentif ekspor,
dan rintangan untuk impor.
Tingkat inflasi relative mempengaruhi di mana
perusahaan internasional meningkatkan dan melakukan investasi modal. Suku bunga
cenderung akan lebih tinggi ketika inflasi tinggi, dan inflasi tinggi
menghambat investasi bartu karena alasan yang telah dijelaskan sebelumnya.
FORUM 10
Apa yang anda ketahui mengenai krisis ekonomi dunia
yang melanda eropa dan amerika pada tahun 2008 dan 2013. mengapa krisis
tersebut memberikan dampak positif terhadap perekonomian sebagai besar negara
lain, namun bagi perekonomian indonesia tidak terlalu memberikan dampak yang
besar?
Krisis ekonomi global yang terjadi pada tahun 2008
sebenarnya bermula pada krisis ekonomi Amerika Serikat yang lalu menyebar ke
negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Krisis ekonomi Amerika
diawali karena adanya dorongan untuk konsumsi rakyatnya yang diluar batas
kemampuan finansialnya, sehingga lembaga perbankan tidak lagi menjadi lembaga
yang dapat menjamin liquiditas transaksi perbankan tersebut.
Saat terjadi krisis global di Amerika Serikat tahun
2008, Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima dampak cukup ringan
dibanding dengan negara-negara lainnya terutama negara maju di kawasan Eropa.
Hal ini disebabkan, Indonesia melakukan diversifikasi terhadap pangsa pasar
ekspor, sehingga peran Amerika Serikat dan Uni Eropa semakin menurun.
Mengidentifikasi kondisi keuangan Indonesia saat krisis global 2008. Bahkan
terjadinya depresiasi Rupiah menguntungkan kondisi dalam negeri, karena secara
teoritis akan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Harga-harga produk
dalam negeri menjadi relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan
harga-harga produk sejenis yang diimpor dari negara lain. Di pasar negara
tujuan ekspor Indonesia, konsumen akan lebih memilih produk dari Indonesia
karena harganya lebih murah. Kondisi ini menyebabkan ekspor Indonesia
meningkat.
Peran Akuntan menjadi salah satu pendukung dalam menahan
dampak krisis global terhadap perekonomian Indonesia. Para Akuntan terus
berupaya dalam melaksanakan prinsip Akuntansi yang memberikan suatu ketahanan
bagi perusahaan-perusahaan untuk terus mampu bersaing dalam kegiatan ekspor.
Para Akuntan juga menerapkan prinsipnya dalam sistem keuangan negara.
FORUM 11
Menurut anda apa yang harus dikuasai oleh seorang
manager dalam memasarkan produknya?
1.
Seorang manajer
pemasaran harus mampu mengidentifikasi setiap masalah sehingga ia mampu
merumuskan apa alternatif yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah
tersebut. Namun, alternatif tersebut harus mampu ia analisa dari berbagai sudut
pandang sehingga bisa diambil satu kesimpulan pasti.
2.
Kepuasan konsumen
yang utama harus bisa bertahan hingga seumur hidup atau jangka panjang
merupakan tugas terbesar yang ditanggungnya. Strategi pemasaran terutama dalam
penyajian produk adalah yang harus bisa manajemen pemasaran suguhkan.
3.
Selain menyajikan
produk memuaskan, menyajikan harga terbaik pun akan membuat konsumen bertahan
dalam jangka yang panjang dengan produknya. Maka, strategi untuk penentuan
harga wajib manajer pemasaran pikirkan dan rencanakan.
4.
Selain strategi
untuk target pasar yang jelas, manajer pemasaran harus bisa menyalurkan atau
mendistribusikan produknya dengan strategi yang mencakup tujuan pemasaran
tersebut. Strategi dalam pendistribusian membuat produk bisa dengan mudah
ditemukan.
5.
Mendistribusikan
barang tentu saja akan terjadi dengan baik jika sudah diawali dengan promosi yang
baik. Proses promosi yang terstrategi akan membuat produk gampang dikenal dan
semakin banyak permintaannya. Promosi, kini juga lebih mudah dilakukan.
Selain promosi dengan strategi datang langsung ke
tempat konsumen melalui sales, kini bisa dilakukan hanya dengan internet saja.
Dikenal dengan istilah digital marketing, promosi bisa dikenalkan dalam bentuk
website.
Manajer pemasaran mengarahkan bawahan bagian digital
ini untuk menaruh konten mengenai produk dengan bahasa ‘iklan’ yang menarik
sehingga kepercayaan konsumen bisa didapatkan.
Seorang manaer harus mampu menguasai akan produk
yang dijual oleh perusahaan. bagaimana dia seharusnya memikirkan langkah
strategi yang perlu diambil agar tercapai kepuasan konsumen.
QUIZ 11
apa saja tahapan pemasaran bagi perusahaan yang
bergerak di bidang bisnis internasional?
1.
Foreign marketing
Perusahaan sudah berhubungan dengan
dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri
untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk perusahaan beredar di pasar
internasional karena pesenan dari pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke
perusahaan, atau atas usaha pihak eksportir.
2.
Infrequent
foreign marketing
Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke
pasar luar negeri tetapi hanya kalau mempunyai surplus produksi. Apabila pasar
domestic masih mampu menyerapnya, kegiatan ini ditinggalkan. Pada tahap ini
belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar internasional.
3.
Regular foreign
marketing
Produsen sudah mempunyai perencanaan
untuk memasarkan produknya ke pasar asing. Dipasarkan sendiri atau melalui
penyalur domestic maupun distributor asing. Tujuannya memang melakukan ekspansi
pasar domestic dengan mulai berusaha memahami kebutuhan maupun keinginan pasar
internasional
4.
Global marketing
operations
Pada phrase ini produsen benar-benar
telah terlibat dengan dunia internasional secara global. Kegiatan tidak hanya
sebatas pemarasan saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun
organisasi bersaing di pasar dunia.
FORUM 12
terkadang tidak semua tenaga kerja yang ditugaskan
untuk menempati posisi sebagai manager di luar negeri menjadi sukses. menurut
anda apa saja yang menjadi hambatan sehingga seorang manager gagal dalam
bertugas di pasar internasional?
Hambatan yang membuat manager gagal dalam bertugas
di pasar internasional adalah :
1.
Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi tidak
hanya verbal, namun termasuk juga bahasa nonverbal atau bahasa tubuh. bahasa
merupakan hambatan yang bersifat klasik, kendala tersebut biasanya diatasi dengan
memberikan kemampuan berbahasa bagi manajer-manajer internasionalnya atau
memakai jasa penerjemah. Walaupun begitu, budaya bahasa setempat ikut
bepengaruh terhadap penggunaahn bahasa, sehingga budaya setempat tetap perlu
dipelajari oleh manajer internasional.
2.
Adat dan Budaya
Adat dan budaya yang berbeda antarnegara
bisa menyebabkan masalah dalam hubungan bisnis. Bukan hanya bahasa saja yang
perlu dipelajari oleh manajer internasional, tetapi adat dan budaya jaga perlu
dipelajari agar terjalin hubungan kerja yang baik. Misalnya, di Jepang diskusi
bisnis sering dilakukan setelah jam kantor, para manajer jepang menyukai
diskusi atau lobying di bar atau restoran sambil minum dan berkaraoke. Di
Indonesia, lobi bisnis sering dilakukan oleh manajer dengan menjamu relasi
bisnisnya di restoran.
QUIZ 12
Jhonny seorang manager perusahaan Techno, saat ini
memperoleh tawaran kesempatan untuk bertugas di Shanghai China, disana ia akan
bertanggung jawab untuk kantor baru perusahaan untuk kawasan asia timur. Namun
ia diliputi perasaan antara semangat dan kekhawatiran mengingat perusahaan
tidak menanggung biaya hidup untuk pasangan akan tetapi tawaran ini pintu
menuju jenjang karir Jhonny kedepan.
Pertanyaan:
Jika anda sahabat Jhonny rekomendasi apa yang akan
anda berikan mengenai apakah ia harus menerima penugasan internasional yang
ditawarkan tersebut? Apa alasannya?
Jawab:
Jika saya sahabat Jhonny, rekomendasi yang akan saya
berikan adalah Jhonny menerima penugasan internasional yang ditawarkan
peruasahaan.
Alasannya, ini merupakan peluang dia untuk ke
jenjang karir yang lebih baik. Selain itu dia juga bisa belajar menjadi seorang
pemimpin dan bisa menambah pengalaman dan pengetahuan dia mengenai budaya kerja
di negara tersebut.
FORUM 13
Menurut anda apa alasan perusahaan melakukan
produksi global?
1.
Untuk memasuki akses terhadap pelanggang-pelanggang
baru, dengan alasan bahwa ekspansi ke dalam pasar dunia akan memberi potensi
untuk meningkatkan pendapatan, laba dan pertumbuhan jangka panjang, dan dapat menjadi perusahaan domestik yang mapan.
2.
Untuk mencapai
biaya rendah dan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Banyak perusahaan melakukan perluasan usaha
karena pasar domestik dan industri mereka sudah terbatas, sehingga dengan
demikian pada hakekatnya meningkatkan daya saing- perusahaan.
3.
Untuk
mengkapitalisasi kompetensi utamanya. Sebuah perusahaan dapat memperluas
kompetensi dan kapabilitasnya untuk posisi memperoleh keuntungan kompetetif
dalam pasar luar negeri seperti pada pasar domestik.
4.
Untuk menyebar
atau membagi risiko bisnisnya melalui perluasan pasar yang telah ada.
QUIZ 13
Mengapa perlu ada standarisasi global?
1.
Organisasi dan
Penempatan Staf
Sebagian dari alasan penggunaan
standarisasi global pada system manufaktur sebuah perusahaan adalah pengaruhnya
terhadap organisasi dan penempatan staf.
- v Standarisasi menjadikannya lebih sederhana dan Murah.
- v Logistik pasokan
- v Rasionalisasi manufaktur
- v Pembelian
2.
Pengendalian
Semua keuntungan standarisasi global
yang telah disebutkan juga terkait dengan fungsi-fungsi manajemen yang lain. Tiga
aspek pengendalian kualitas, produksi, dan pemeliharaan.
- v Pengendalian kualitas
- v Pengendalian produksi dan Pemeliharaan
3.
Perencanaan
Ketika sebuah pabrik baru dapat
dibangun sebagai duplikasi dari pabrik
lain yang telah berfungsi, baik perncanaan maupun rancangannya akan menjadi
lebih sederhana dan lebih cepat, karena pada dasarnyamerupakan pengulangan dari
pekerjaan yang pernah dilakukan sebelumnya :
- v Para insinyur yang merancang hanya perlu menyalin gambar-gambar dan daftar bahan yang dimiliki dalam arsip mereka
- v Para penjual akan diminta menyediakan peralatan yang pernah mereka pasok sebelumnya
- v Departmen teknis dapat mengirimkan spesifikasi manufaktur yang berlaku, tnapa perubahan
- v Para pelatih tenaga kerja yang berpengalaman dalam pengoperasian mesin-mesin dapat dikirim ke lokasi baru tanpa menjalani pelatihan khusus tentang peralatan yang baru.
- v Ramalan yang cukup akurat mengenai waktu pendirian dan output pabrik dapat didasarkan atas pengalaman fasilitas yang ada.
FORUM 14
Apa Fungsi dari pasar valuta asing?
Pasar Valuta Asing (Valas) adalah pasar yang
memperdagangkan valuta asing atau uang asing dan sebagai lembaga pasar di mana
orang dapat memperoleh fasilitas untuk melakukan pembayaran atau menerima
pembayaran dari penduduk negara lain.
Fungsinya :
1.
Mempermudah
pertukaran valuta asing (valas) serta pemindahan dana dari satu negara ke
negara lain sehingga memungkinkan terjadinya kliring internasional;
2.
Sebagai penyedia
kredit, artinya pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya
perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit;
3.
Membatasi risiko,
artinya pada pasar valuta asing memungkinkan dilakukannya hedging (membatasi
risiko terhadap kemungkinan perubahan harga);
4.
Spekulasi,
artinya pada pasar valuta asing orang dapat melakukan spekulasi menerima bahkan
mencari risiko dengan harapan mendapatkan keuntungan.
QUIZ 14
apa fungsi dari IMF? dan menurut anda apakah lembaga
ini memberikan keuntungan bagi negara berkembang?
IMF adalah suatu organisasi yang bertugas mengatur
dan memelihara sistem keuangan internasional.
IMF dibentuk pada tahun 1944 pada Konferensi Bretton Woods.
Tujuan IMF (Intenational Monetary Fund):
1.
Membantu
perkembangan tertib keuangan dunia
2.
Membantu
perkembangan mata uang yang konvertibel
3.
Mempersingkat
masa dan mengurangi derajat ketidakseimbangan neraca pembayaran
Kehadiran IMF selain memberikan bantuan namun juga
berbahaya bagi sebuah negara yakni:
1.
IMF menyebabkan
terjadinya pelembagaan suatu sistem kolonialisme baru.
2.
IMF menyebabkan
makin dominannya peranan TNC (konglomerasi internasional).
3.
IMF mendorong
dikorbankannya kepentingan rakyat banyak untuk menyelamatkan para bankir.
4.
IMF menyebabkan
meningkatnya komersialisasi pelayanan publik.
5.
IMF menyebabkan
semakin meluasnya pengangguran.
6.
IMF menyebabkan
semakin merosotnya upah buruh.
7.
IMF menyebabkan
semakin terpinggirkannya kaum perempuan.
8.
IMF menyebabkan
semakin rusaknya lingkungan.
9.
IMF menyebabkan
semakin melebarnya kesenjangan kaya miskin.
10.
IMF menyebabkan
semakin parahnya krisis ekonomi.
0 komentar:
Posting Komentar