Kamis, 13 Juli 2017

Bisnis Internasional (International Business)

FORUM 9
Menurut pendapat anda, mengapa perusahaan melakukan outsourcing?
Jawab:
Beberapa perusahaan memang menggunakan jasa perusahaan outsourcing dikarenakan agar bisa lebih focus pada tujuan perusahaan, atau bisa juga dikarenakan beberapa bidang pekerjaan diperlukan oleh ahlinya, seperti tenaga analis, tenaga service dll. Selain itu juga untuk menghemat biaya operasional dan mengefisiensikan pekerjaan yang sifatya non core.

QUIZ 9
berikan pendapat anda apakah outsourching memberikan kerugian bagi karyawan?
Kerugian outsourcing bagi karyawan:
1.    Keberlanjutan mendapatkan pekerjaan yang tidak pasti
2.    Perusahaan outsourcing hanya mampu menampung para pekerja yang mengikatkan diri pada perusahaan outsourcing mereka, namun tidak serta merta mereka langsung dijadikan pekerja tetap dari satu perusahaan. Penugasan mereka menunggu permintaan dari perusahaan yang akan menerima mereka bekerja.
3.    Sistem ini berimplikasi langsung kepada timbulnya karyawan kontrak bahkan dalam waktu yang sangat singkat.
4.    Terampasnya hak-hak buruh akibat hubungan perusahaan-buruh bukan hubungan langsung. Melainkan adanya pihak ketiga (perusahaan penyedia/ vendor).
5.    Hilangnya hak jaminan social dan tunjangan lainnya laiknya pegawai tetap pada sebuah perusahaan padahal beban dan tanggung jawab kerja sama.
6.    Posisi tawar pekerja atau buruh semakin lemah karena tidak ada kepastian kerja, kepastian upah, jaminan sosial, jaminan kesehatan, pesangon jika di PHK, dan tunjangan-tunjangan kesejahteraan lain.
7.    Buruh outsourcing juga kehilangan kesempatan berserikat sebagai implikasi dari tidak memilikinya posisi tawar dengan perusahaan tempat dia bekerja. Karena kontrak mereka adalah dengan perusahaan penyedia bukan dengan tempat dia bekerja.

Namun selain itu outsourcing juga ada keuntungannya bagi karyawan, antara lain sebagai berikut: 
1.    Adanya alih daya
2.    Pekerja outsourcing akan menggunakan seluruh kemampuanya dalam bekerja. Dengan adanya outsourcing maka mereka akan mendapatkan suatu ketrampilan yang belum mereka miliki sebelumnya dan jika telah memiliki kemampuan tersebut maka pekerja akan menambah kemampuan mereka dengan bekerja di outsourcing. Pekerjaan tersebut akan menjadi lebih bermanfaat jika pekerjanya mampu menerapkan ilmu yang mereka dapat dari perusahaan penerima. Kemudian mereka mengembangkan ketrampilan tersebut untuk menambah daya saing dalam meraih lapangan pekerjaan.

QUIZ 10
Mengapa pelaku bisnis internasional perlu memperhatikan tingkat inflasi?
Inflasi merupakan faktor kekuatan eksternal yang harus dihadapi oleh manajer keuangan dengan sebaik mungkin. Hampir semua perusahaan kadang-kadang harus meminjam uang, dan tingkat inflasi menentukan biaya riil dari pinjaman. Suku Bunga riil diperoleh dengan cara mengurangkan inflasi dari suku bunga nominal. Ketika uang pinjaman dikembalikan di masa depan setelah inflasi terjadi, maka uang tersebut dilainya lebih rendah bagi pemberi pinjaman, dan tentu saja lebih murah bagi peminjam.
Tingkat inflasi  yang tinggi akan mempersulit perencanan pengeluaran modal. Misalnya manajemen mungkin mengalokasikan AS $ 1 juta untuk sebuah pabrik, tetapi ternyata mengeluarkan dana lebih banyak untuk menyelesaikan pembangunannya karena pengaruh inflasi.
Tingkat inflasi mendorong dilakukannya pinjaman (utang) sebab pinjaman tersebut akan dibayar kembali dengan uang lebih rendah nilainya. Tetapi tingkat inflasi yang tinggi juga menimbulkan tingkat bunga tinggi sehingga mungkin menghambat pemberian pinjaman. Para pemberi pinjaman potensial mungkin khawatir bahwa walaupun dengan suku bunga yang tinggi, jumlah yang dibayarkan kembali ditambah bunganya akan lebih rendah nilainya dibandingkan dengan jumlah yang dipinjamkan. Sekalipun jika pemberi pinjaman dapat memperoleh suku bunga sebesar 25 %, tetapi jika  tingkat inflasinya adalah sebesar 100%, maka pemberi pinjaman tersebut akan mengalami kerugian. Dibandingkan dengan meminjamkan, pemilik uang lebih memilih membeli sesuatu yang diharapkan akan meningkat nilainya sehingga justru mendorong inflasi.
Inflasi juga mempengaruhi bisnis internasional, dengan komplikasi bahwa tingkat inflasi berbeda di negara berbeda. Oleh karena itu manajemen perusahaan internasional harus mencoba utnuk memprediksi tingkat inflasi untuk setiap Negara di mana perusahaan itu berada. Tingkat inflasi komparatif ketika mata uang dari Negara dengan tingkat inflasi tinggi melemahkan mata uang dengan tingkat inflasi lebih rendah. Manajemen akan mencoba untuk meminimalkan kepemilikan atas mata uang yang lebih lemah.
Tingkat inflasi yang lebih tinggi akan mengakibatkan harga barang dan jasa yang dihasilkan atau ditawarkan oleh suatu Negara meningkat, dengan demikian barang dan jasa tersebut menjadi kurang kompetitif. Anak perusahaan yang ada di Negara tersebut akan kesulitan untuk menjual produknya secara ekspor. Kondisi demikian cenderung mengakibatkan neraca pembayaran menjadi defisit dan manajemen harus waspada terhadap perubahan dalam kebijakan pemerintah yang berusaha memperbaiki keadaan  tersebut. Perubahan itu meliputi kebijakan fiskal atau moneter yang lebih ketat, pengendalian mata uang, insentif ekspor, dan rintangan untuk impor.
Tingkat inflasi relative mempengaruhi di mana perusahaan internasional meningkatkan dan melakukan investasi modal. Suku bunga cenderung akan lebih tinggi ketika inflasi tinggi, dan inflasi tinggi menghambat investasi bartu karena alasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

FORUM 10
Apa yang anda ketahui mengenai krisis ekonomi dunia yang melanda eropa dan amerika pada tahun 2008 dan 2013. mengapa krisis tersebut memberikan dampak positif terhadap perekonomian sebagai besar negara lain, namun bagi perekonomian indonesia tidak terlalu memberikan dampak yang besar?
Krisis ekonomi global yang terjadi pada tahun 2008 sebenarnya bermula pada krisis ekonomi Amerika Serikat yang lalu menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Krisis ekonomi Amerika diawali karena adanya dorongan untuk konsumsi rakyatnya yang diluar batas kemampuan finansialnya, sehingga lembaga perbankan tidak lagi menjadi lembaga yang dapat menjamin liquiditas transaksi perbankan tersebut.
Saat terjadi krisis global di Amerika Serikat tahun 2008, Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima dampak cukup ringan dibanding dengan negara-negara lainnya terutama negara maju di kawasan Eropa. Hal ini disebabkan, Indonesia melakukan diversifikasi terhadap pangsa pasar ekspor, sehingga peran Amerika Serikat dan Uni Eropa semakin menurun. Mengidentifikasi kondisi keuangan Indonesia saat krisis global 2008. Bahkan terjadinya depresiasi Rupiah menguntungkan kondisi dalam negeri, karena secara teoritis akan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Harga-harga produk dalam negeri menjadi relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan harga-harga produk sejenis yang diimpor dari negara lain. Di pasar negara tujuan ekspor Indonesia, konsumen akan lebih memilih produk dari Indonesia karena harganya lebih murah. Kondisi ini menyebabkan ekspor Indonesia meningkat.
Peran Akuntan menjadi salah satu pendukung dalam menahan dampak krisis global terhadap perekonomian Indonesia. Para Akuntan terus berupaya dalam melaksanakan prinsip Akuntansi yang memberikan suatu ketahanan bagi perusahaan-perusahaan untuk terus mampu bersaing dalam kegiatan ekspor. Para Akuntan juga menerapkan prinsipnya dalam sistem keuangan negara.

FORUM 11
Menurut anda apa yang harus dikuasai oleh seorang manager dalam memasarkan produknya?
1.    Seorang manajer pemasaran harus mampu mengidentifikasi setiap masalah sehingga ia mampu merumuskan apa alternatif yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah tersebut. Namun, alternatif tersebut harus mampu ia analisa dari berbagai sudut pandang sehingga bisa diambil satu kesimpulan pasti.
2.    Kepuasan konsumen yang utama harus bisa bertahan hingga seumur hidup atau jangka panjang merupakan tugas terbesar yang ditanggungnya. Strategi pemasaran terutama dalam penyajian produk adalah yang harus bisa manajemen pemasaran suguhkan.
3.    Selain menyajikan produk memuaskan, menyajikan harga terbaik pun akan membuat konsumen bertahan dalam jangka yang panjang dengan produknya. Maka, strategi untuk penentuan harga wajib manajer pemasaran pikirkan dan rencanakan.
4.    Selain strategi untuk target pasar yang jelas, manajer pemasaran harus bisa menyalurkan atau mendistribusikan produknya dengan strategi yang mencakup tujuan pemasaran tersebut. Strategi dalam pendistribusian membuat produk bisa dengan mudah ditemukan.
5.    Mendistribusikan barang tentu saja akan terjadi dengan baik jika sudah diawali dengan promosi yang baik. Proses promosi yang terstrategi akan membuat produk gampang dikenal dan semakin banyak permintaannya. Promosi, kini juga lebih mudah dilakukan.
Selain promosi dengan strategi datang langsung ke tempat konsumen melalui sales, kini bisa dilakukan hanya dengan internet saja. Dikenal dengan istilah digital marketing, promosi bisa dikenalkan dalam bentuk website.
Manajer pemasaran mengarahkan bawahan bagian digital ini untuk menaruh konten mengenai produk dengan bahasa ‘iklan’ yang menarik sehingga kepercayaan konsumen bisa didapatkan.
Seorang manaer harus mampu menguasai akan produk yang dijual oleh perusahaan. bagaimana dia seharusnya memikirkan langkah strategi yang perlu diambil agar tercapai kepuasan konsumen.

QUIZ 11
apa saja tahapan pemasaran bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis internasional?
1.    Foreign marketing
Perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk perusahaan beredar di pasar internasional karena pesenan dari pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan, atau atas usaha pihak eksportir.
2.    Infrequent foreign marketing
Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi hanya kalau mempunyai surplus produksi. Apabila pasar domestic masih mampu menyerapnya, kegiatan ini ditinggalkan. Pada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar internasional.
3.    Regular foreign marketing
Produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing. Dipasarkan sendiri atau melalui penyalur domestic maupun distributor asing. Tujuannya memang melakukan ekspansi pasar domestic dengan mulai berusaha memahami kebutuhan maupun keinginan pasar internasional
4.    Global marketing operations
Pada phrase ini produsen benar-benar telah terlibat dengan dunia internasional secara global. Kegiatan tidak hanya sebatas pemarasan saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing di pasar dunia.

FORUM 12
terkadang tidak semua tenaga kerja yang ditugaskan untuk menempati posisi sebagai manager di luar negeri menjadi sukses. menurut anda apa saja yang menjadi hambatan sehingga seorang manager gagal dalam bertugas di pasar internasional?
Hambatan yang membuat manager gagal dalam bertugas di pasar internasional adalah :
1.    Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya verbal, namun termasuk juga bahasa nonverbal atau bahasa tubuh. bahasa merupakan hambatan yang bersifat klasik, kendala tersebut biasanya diatasi dengan memberikan kemampuan berbahasa bagi manajer-manajer internasionalnya atau memakai jasa penerjemah. Walaupun begitu, budaya bahasa setempat ikut bepengaruh terhadap penggunaahn bahasa, sehingga budaya setempat tetap perlu dipelajari oleh manajer internasional.
2.    Adat dan Budaya
Adat dan budaya yang berbeda antarnegara bisa menyebabkan masalah dalam hubungan bisnis. Bukan hanya bahasa saja yang perlu dipelajari oleh manajer internasional, tetapi adat dan budaya jaga perlu dipelajari agar terjalin hubungan kerja yang baik. Misalnya, di Jepang diskusi bisnis sering dilakukan setelah jam kantor, para manajer jepang menyukai diskusi atau lobying di bar atau restoran sambil minum dan berkaraoke. Di Indonesia, lobi bisnis sering dilakukan oleh manajer dengan menjamu relasi bisnisnya di restoran.

QUIZ 12
Jhonny seorang manager perusahaan Techno, saat ini memperoleh tawaran kesempatan untuk bertugas di Shanghai China, disana ia akan bertanggung jawab untuk kantor baru perusahaan untuk kawasan asia timur. Namun ia diliputi perasaan antara semangat dan kekhawatiran mengingat perusahaan tidak menanggung biaya hidup untuk pasangan akan tetapi tawaran ini pintu menuju jenjang karir Jhonny kedepan.
Pertanyaan:
Jika anda sahabat Jhonny rekomendasi apa yang akan anda berikan mengenai apakah ia harus menerima penugasan internasional yang ditawarkan tersebut? Apa alasannya?
Jawab:
Jika saya sahabat Jhonny, rekomendasi yang akan saya berikan adalah Jhonny menerima penugasan internasional yang ditawarkan peruasahaan.
Alasannya, ini merupakan peluang dia untuk ke jenjang karir yang lebih baik. Selain itu dia juga bisa belajar menjadi seorang pemimpin dan bisa menambah pengalaman dan pengetahuan dia mengenai budaya kerja di negara tersebut.

FORUM 13
Menurut anda apa alasan perusahaan melakukan produksi global?
1.    Untuk  memasuki akses terhadap pelanggang-pelanggang baru, dengan alasan bahwa ekspansi ke dalam pasar dunia akan memberi potensi untuk meningkatkan pendapatan, laba dan pertumbuhan  jangka panjang, dan dapat  menjadi perusahaan domestik yang mapan.
2.    Untuk mencapai biaya rendah dan dan meningkatkan daya saing perusahaan.  Banyak perusahaan melakukan perluasan usaha karena pasar domestik dan industri mereka sudah terbatas, sehingga dengan demikian pada hakekatnya meningkatkan daya saing- perusahaan.
3.    Untuk mengkapitalisasi kompetensi utamanya. Sebuah perusahaan dapat memperluas kompetensi dan kapabilitasnya untuk posisi memperoleh keuntungan kompetetif dalam pasar luar negeri seperti pada pasar domestik.
4.    Untuk menyebar atau membagi risiko bisnisnya melalui perluasan pasar yang telah ada.

QUIZ 13
Mengapa perlu ada standarisasi global?
1.    Organisasi dan Penempatan Staf
Sebagian dari alasan penggunaan standarisasi global pada system manufaktur sebuah perusahaan adalah pengaruhnya terhadap organisasi dan penempatan staf.
  • v  Standarisasi menjadikannya lebih sederhana dan Murah.
  • v  Logistik pasokan
  • v  Rasionalisasi manufaktur
  • v  Pembelian

 2.    Pengendalian
Semua keuntungan standarisasi global yang telah disebutkan juga terkait dengan fungsi-fungsi manajemen yang lain. Tiga aspek pengendalian kualitas, produksi, dan pemeliharaan.
  • v  Pengendalian kualitas
  • v  Pengendalian produksi dan Pemeliharaan

 3.    Perencanaan
Ketika sebuah pabrik baru dapat dibangun  sebagai duplikasi dari pabrik lain yang telah berfungsi, baik perncanaan maupun rancangannya akan menjadi lebih sederhana dan lebih cepat, karena pada dasarnyamerupakan pengulangan dari pekerjaan yang pernah dilakukan sebelumnya :
  • v  Para insinyur yang merancang hanya perlu menyalin gambar-gambar dan daftar bahan yang dimiliki dalam arsip mereka
  • v  Para penjual akan diminta menyediakan peralatan yang pernah mereka pasok sebelumnya
  • v  Departmen teknis dapat mengirimkan spesifikasi manufaktur yang berlaku, tnapa perubahan
  • v  Para pelatih tenaga kerja yang berpengalaman dalam pengoperasian mesin-mesin dapat dikirim ke lokasi baru tanpa menjalani pelatihan khusus tentang peralatan yang baru.
  • v  Ramalan yang cukup akurat mengenai waktu pendirian dan output pabrik dapat didasarkan atas pengalaman fasilitas yang ada.

 FORUM 14
Apa Fungsi dari pasar valuta asing?
Pasar Valuta Asing (Valas) adalah pasar yang memperdagangkan valuta asing atau uang asing dan sebagai lembaga pasar di mana orang dapat memperoleh fasilitas untuk melakukan pembayaran atau menerima pembayaran dari penduduk negara lain.
Fungsinya :
1.    Mempermudah pertukaran valuta asing (valas) serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lain sehingga memungkinkan terjadinya kliring internasional;
2.    Sebagai penyedia kredit, artinya pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit;
3.    Membatasi risiko, artinya pada pasar valuta asing memungkinkan dilakukannya hedging (membatasi risiko terhadap kemungkinan perubahan harga);
4.    Spekulasi, artinya pada pasar valuta asing orang dapat melakukan spekulasi menerima bahkan mencari risiko dengan harapan mendapatkan keuntungan.

QUIZ 14
apa fungsi dari IMF? dan menurut anda apakah lembaga ini memberikan keuntungan bagi negara berkembang?
IMF adalah suatu organisasi yang bertugas mengatur dan memelihara sistem keuangan internasional.  IMF dibentuk pada tahun 1944 pada Konferensi Bretton Woods.

Tujuan IMF (Intenational Monetary Fund):
1.    Membantu perkembangan tertib keuangan dunia
2.    Membantu perkembangan mata uang yang konvertibel
3.    Mempersingkat masa dan mengurangi derajat ketidakseimbangan neraca pembayaran

Kehadiran IMF selain memberikan bantuan namun juga berbahaya bagi sebuah negara yakni:
1.    IMF menyebabkan terjadinya pelembagaan suatu sistem kolonialisme baru.
2.    IMF menyebabkan makin dominannya peranan TNC (konglomerasi internasional).
3.    IMF mendorong dikorbankannya kepentingan rakyat banyak untuk menyelamatkan para bankir.
4.    IMF menyebabkan meningkatnya komersialisasi pelayanan publik.
5.    IMF menyebabkan semakin meluasnya pengangguran.
6.    IMF menyebabkan semakin merosotnya upah buruh.
7.    IMF menyebabkan semakin terpinggirkannya kaum perempuan.
8.    IMF menyebabkan semakin rusaknya lingkungan.
9.    IMF menyebabkan semakin melebarnya kesenjangan kaya miskin.
10.  IMF menyebabkan semakin parahnya krisis ekonomi. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar